SDN 4 SUKAMULYA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Satuan Pendidikan : Alokasi Waktu : | Ilmu Pengetahuan Alam IV/II Sekolah Dasar 2 x 35 menit |
A. Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungnan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
C. Indikator
· Mencari contoh hewan yang memiliki cri khusus untuk memenuhi kebutuhan, misalnya : kjelelawar dan cicak.
· Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan pada gambar, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
E. Materi Pokok Pembelajaran
· Menyebutkan contoh hewan tertentu yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya (kelelawar, cicak, bebek)
· Menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu (kelawar, bebek, cicak)
· Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan tempat hidupnya.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (+ 10 menit)
a. Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran yang kondusif.
b. Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan :
1) Hewan a[a yang suka berkeliaran pada malam hari ?
2) Mengapa cicak bisa merayap dalam posisi bahaya?
c. Guru memotivasi siswa dengan mengemukakan sepintas tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (+ 40 menit)
a. Siswa bersama guru mengamati gambar kelelawar, cicak, dan bebek.
b. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar kelelawar, cicak, dan bebek.
c. Siswa bertanya pada guru tentang materi yang belum dimengertinya.
d. Siswa menyimak penjelasan guru tentang prosedur pengerjaan LKS
e. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok.
f. Siswa bersama kelompoknya dengan bimbingan guru mengerjakan LKS
g. Melalui wakilnya, setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya.
3. Kegiatan Akhir (+ 20 menit)
a. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dan penguatan materi.
b. Secara individu, siswa mengerjakan tes evaluasi.
c. Mengadakan tindak lanjut.
G. Sarana dan Sumber Pembelajaran
Sarana : Gambar kelelawar, cicak, dan bebek.
Sumber : Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam,
A. Rositawati hal 1 – 14.
H. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian proses
b. Penilaian akhir
2. Bentuk tes
a. Penilaian proses : Memberi keterangan gambar
b. Penilaian akhir : Isian
3. Jenis tes
a. Penilaian proses : Tertulis
b. Penilaian akhir : Tertulis
4. Alat tes
a. Penilaian proses : Lembar Kerja Siswa (terlampir)
b. Penilaian akhir : Soal isian
Lembar Soal Penilaian Akhir
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !
- Sayap kelelawar memiliki kulit yang ....
- Bagian menonjol, berbentuk garis pada telapak kaki cecak berfungsi sebagai ...
- Bentuk paruh yang pipih dan lebar pada bebek berguna untuk ....
- Kelelawar mencari makan pada waktu ....
- Makhluk hidup memiliki ciri khusus dengan tujuan ....
Kunci Jawaban :
1. lentur
2. alat pelekat
3. mencari cacing yang ada di balik lumpur
4. malam hari
5. menyesuaikan dengan lingkungannya
Kriteria Penilaian
Skor setiap butir soal : 1
Jumlah soal : 5
Skor maksimal : 5
Nilai : 100
Mengetahui Kepala SDN 4 Sukamulya, UDIMAN, S.Pd NIP 19640121 198410 1 003 | Pengajar, UDIMAN, S.Pd NIP 19640121 198410 1 003 |
Pengawas TK/SD
Drs. S U T A R
NIP 19633050
Lembar Kerja Siswa
Nama Kelompok : . . . . . . . . . . . . . . Nama anggota : 1. 2. 3. 4. 5.
Petunjuk Pengerjaan:
Amatilah gambar di bawah ini kemudian lengkapi tabel di bawahnya!
NO | NAMA HEWAN | DIRI-CIRI KHUSUS |
1 | |
|
2 | |
. |
3 | |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar